BitMeter II – Bandwidth monitoring software


Rencana nya sih mau pasang akses Internet di rumah. Entah mau pake Telkom Speedy / Telkomsel Flash / Indosat 3G (entah pake Mentari/IM3/Matrix) ataupun IndosatM2 tapi yang pasti aja gw ngga bakal pake Speedy karena gw harus beli modem ADSL. Sedangkan untuk sisa nya gue lebih prefer karena gue dah punya handphone Nokia 6120C yang sudah support HSDPA. Tinggal bandingin fitur, daerah jangkauan 3.5G dan yang pasti harga.

Nah dari ke 3 Provider tersebut mereka menyedia 2 macam tipe layanan yaitu Time-Based dan Volume-Based dan gue lebih suka ma Volume based karena keperluan internet gue di rumah hanya untuk browsing, monitoring, chatting, update blog dan website. Kalau gue mau download file ISO, anime dan software dengan ukuran besar lebih enak di kantor yang sudah ada leased-line Internet 1Mb via Indosat (WOW ngacir boo… secara pengguna hanya sedikit dan hanya didedikasi untuk trafik ke Public Server kantor).

Oleh sebab itu gue sekarang lagi mau coba software bandwidth meter di PC kantor buat lihat seberapa banyak bandwidth yang gue habisin kalau gue browsing (download tidak dihitung) sampai PUAS……. ada 1 software yang terkenal yaitu DU Meter tapi sayang trialware dan males cari jampi-jampi nya. Setelah googling akhirnya ketemu daftarnya di The 46 Best-ever Freeware Utilities dan dari ketiga nya gue pilih BitMeter II karena fitur nya lebih banyak dari NetMeter, btw Net Traffic Meter ngga gue pilih karena website nya down dan gue ngga bisa fitur apa saja.

Dari websitenya BitMeter II:

BitMeter 2 is a bandwidth meter, it allows you to visually monitor your internet connection by displaying a scrolling graph that shows your upload and download speed over time. BitMeter is freeware – ie. it is given away completely free of charge, there is no trial period, no time-limited features, no spyware, and no adware, guaranteed.

BitMeter main window This is what BitMeter looks like. The different colours on the graph represent your upload and download speeds, the display updates every second, and the current speeds are also displayed numerically in the lower part of the window.

bitmeter graphSetelah download dan install, seperti ini program sesuai dengan yang gue harapkan. Bagus interfacenya, simple, bisa nampilin alert, voice alert juga ada (jadi kita bisa denger klo PC kita tinggal pada saat lagi download) , bahkan ada juga web monitoringnya… Hebat… tapi ada syaratnya kita harus download .Net Framework versi 1.1 (sepertinya di Windows XP SP 2 sudah ada deh).

Setelah gue tahu berapa banyak bandwidth (rata-rata) yang gue habisin untuk browsing, gue harap gue bisa pilih pake Volume-based yang sesuai. Biasa nya semakin besar paket yang kita ambil, harga /kb nya bisa jatuh lebih murah loh. Sekian review nya. Hasil penggunaan bandwidthnya tunggu sebulan lagi ya?? Haha…. j/k

Advertisements

2 responses to “BitMeter II – Bandwidth monitoring software

  1. link yang dikasih itu trial version, demo atau full version??
    wah Gw perlu tuh mas buat warnet saya, kalo buat monitoring bandwidth client warnet
    kalo provider yang gw pake tuh CBN kabelvision 128 kbps, bagus gak tuh provider yang gw pake mas??
    kasih link lagi dong yang banyak buat download gituan yang full version ya
    thanks before
    alfaridzy.wordpress

  2. its a freeware ….
    keren kahn…

    CBN kabelvision itu artinya ISP nya CBN dan Kabelvision si penyedia jaringan kabel antara warnet dan CBN,

    so far sih CBN bagus..!!!! karena saya dikantor pakenya CBN Lintasrta, pake Lintasarta untuk konekin kantor ke Gd. Manggala wanabakti, tapi sih katanya CBN bakal tarik FO langsung ke kantor kita, jadi kita ngga perlu langganan lewat lintasarta lagi…

    cheers….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s