Axis + T68 = Internet Murah


Kenapa Axis? Karena Axis dengan Promo Rp 0.1/kb untuk 10MB perharinya sungguh menggiurkan, ditambah Rp 1/kb setelah 10MB, menurut saya cukup murah. Harga nya lumayan bersaing dengan tarif GPRS Mentari / Indosat M2 (Prabayar = Rp 0.6/kb atau Pasca Rp. 0.2/kb). Walaupun saya tahu untuk produk Indosat (Mentari / IM2) sudah semuanya menggunakan BTS 3.5G tapi saya tidak mempunyai kartu Mentari (punya adik saya, tapi masa setiap kali mau browsing pinjem kartu dia sih?) Trus knp pula tidak pake IM2, IM2 itu harus menggunakan SIMcard tersendiri, walaupun saya punya HP Nokia 6120C yang sudah HSDPA, tapi masa sih harus gonta-ganti kartu hanya untuk internetan. Lah khan Telkomsel kasih Flash Unlimited untuk pelanggan pasca bayar nya ? Yap betul, saya memang pelanggan pasca bayar. Tapi walaupun hanya Rp 125.000/bulan tetap bagi saya cukup memberatkan. Karena, saya tidak selalu browsing dari rumah, di Kantor terhubung dengan 2 ISP dengan bandwidth masing-masing 1Mbit. Jadi ya.. saya lumayan betah di kantor. He…. Lagipula Telkomsel di rumah hanya dapat sinyal GPRS begitu pula dengan AXIS. Jadi saya tidak mau gonta-ganti kartu klo mau Internet-an dengan AXIS.

Nah berdasarkan alasan tersebutlah saya menghidupkan HP saya sebelumnya, Sony Ericsson T68i (HP pertama kolaborasi Sony dan Ericsson). AXIS sudah dibeli, kabel data dipinjemin dari Kumay (masih serial Bo…). Tapi bagaimana cara konfigure ini HP agar bisa browsing ke Internet menggunakan AXIS + dikonekin ke PC rumah ????

Pertama, cari konfigurasi GPRS nya AXIS, karena ini HP jadul maka konfigurasi otomatis lewat kirim SMS percuma (Hiks…) mau ngga mau harus manual berdasarkan informasi yang ada di WebConfig AXIS. Setelah Pede, test buka wap.google.com, berhasil…!!!

Tantangan kedua, cari kabel data SE T68i. gw tanya aja ma tetangga gw dikantor Kumay yang masih pake Ericsson T65i, punya kabel datanya ngga? Punya. Pinjem ya? Okeh…. Sippp deh..

Ketiga, cari cara bagaimana cara konfigure ini HP di Komputer. Soalnya ini HP lawas yang dah ngga jelas apakah ada PC Suite nya (spt Nokia). Cari2x di google, yang ada pada tanya masalah Dial-up menggunakan system CSD bukannya GPRS. Mentoknya2x gw mampir ke websitenya SE. Setelah otak-atik.. download, coba install, uninstall dan re-install software + driver yang cocok buat HP gw akhirnya ketemu kombinasi yang pas… Begini caranya.

  1. Colokan HP ini ke port serial (untung PC dirumah masih ada port Serial) PC.
  2. Add new modem, pilih aja Standard Modem 33600 dan gw pilih di COM1 karena disitulah HP gw dicolokin.
  3. Update driver modemnya dari situs SE Driver Download (nanti modemnya akan dikenali sbg Ericsson T68 Cable Modem
  4. Download dan Install SE Communication Dial-up Suite versi terakhir (Next, next aja trus restart kalo diminta) Abis itu Jalankan Dial-Up Networking Wizardnya. Nanti dia akan mendetect HP nya terkoneksi diport apa? koneksi modem yang mau digunakan (IR, Bluetooth atau Cable) saya pilih Cable.
  5. Karena saya telah konfigure HP saya agar bisa terkoneksi Internet via AXIS GPRS, maka langsung tampil dipilihan DUN Wizardnya. Saya pilih itu, kmdn diisi username/password untuk konek ke AXIS (AXIS/123456)
  6. Selesai konfigurasi, coba dialup…. dan sukses………

ps: tulisan ini disubmit dari PC rumah yang terkoneksi lewat kabel Serial ke SE T68i yang menggunakan AXIS. BTW: May kabel datanya boleh buat gw khan? sebentar lagi khan HP lu bakal diganti ma O2 / PDA…. hhehehehe…. thanks before

9 responses to “Axis + T68 = Internet Murah

  1. weks,
    koreksi, HP gw bukan Ericsson T65i tapi ‘T65’ doang.
    Tadinya gw mo minta HP elo tuh, buat dicari2 kandungan emasnya he..he..
    Ternyata masih ada manfaatnya, that’s Bank Am3n, banyak ide dan biasanya berhasil.

  2. Numpang curhat ya…
    HP saya juga belum 3G, tapi untungnya udah bisa EDGE. Dengan make kartu Halo di rumah, indikator sinyal di ponsel cuma nampilin GPRS (padahal tetangga bisa dapet sinyal 3G). So kalo pake Tsel Flash internetnya lelet bgt. Trus nyobain pake AXIS dan hopla…. sinyal EDGE terdeksi di ponsel. Buat akses data kenceng juga, jatah promosi 10 MB per hari bisa dihabisin dibawah setengah jam.

    Saya kurang paham soal hirarki jaringan BTS, apakah kalo suatu BTS bisa mancarin sinyal 3G maka otomatis sinyal EDGE juga didukung? Saya curiga Telkomsel sudah meninggalkan dukungan terhadap jaringan EDGE sehingga kalo ada ponsel EDGE hanya bisa make fitur GPRS saja. Sekedar info, speed teoritis GPRS : 48 kbps, EDGE : 236 kbps, 3G : 384 kbps, 3,5G : 3.6 Mbps.

  3. @kumay,
    ohh T65 doang ya? ngga ada i-nya… wah ngga bisa i-nternet dong…. wkwkwkwk

    @si ganptek,
    shrs nya sih otomatis… klo BTS yang dah 3.5G itu hrs nya support ke bawahnya…. soalnya saya pernah iseng di HP 6120C mo nyalain yehba (tapi HP saya selalu saya setting menggunakan network GSM, bukan 3G atau otomatis untuk menghemat baterei) nah pas konek gitu indikator sinyal berubah dari gambar antenna (GPRS) menjadi huruf E (edge)

    tapi ya gitu … apapun saya pilih koneksinya telkomsel (daerah cijantung) mau 3G ataupun GPRS, pas dikonek-in ke PC, paling sering speednya dapet 115kbps (alias GPRS), pernah sekali dapet 480kbps (3G)

    nah berdasarkan pengalaman tsb karena ke seringan dpt 115kbps.. akhirnya saya pilih aja AXIS (walaupun AXIS juga sdh ada BTS yg 3G,tp di rumah saya hanya sinyal GSM saja yang mampir) setelah itungan-itungan harga/kbps…

    dan walaupun saya dapet sinyal GSM hanya 1 bar, tapi untuk koneksi datanya AXIS, running smooth…. So… AXIS memang GSM yang baik. semoga tarif datanya tetap murah

  4. @pinkparis,
    di rumah saya hanya dapat sinyal GPRS, so speednya hanya dpt 115.2kbps tapi saya tidak sempat membuat speedtestnya…
    mungkin nanti saya ukur dgn speedtest.net..

    btw, kucingnya lucu. πŸ™‚

  5. sekarang internet sudah murah kok. dengan Rp. 3350 kita bisa internetan sepuasnya 24 jam penuh dengan kecepatan up to 256 kbps. Cara dapetin aksesnya juga mudah kok. bisa diakses di hampir seluruh indonesia. MAU?

  6. Mending pake IM3 atau mentari, pulsa 5000 harganya Rp.6000 bisa di pake buat 250 menit. tapi setelah pemakaian 2 GB, kecepatannya turun 50%……
    Di hari pertama internetan sepuas-puasnya, buka fs, upload foto. download sampe 200 MB. kecepatan gprs koneksinya 115 Kbps, tapi setelah 2 GB jadi 57,6Kbps.

    tapi mungkin tergantung daerahnya kali ya…

  7. saya pake axis tsb, waktu masih ada promo gratis 10mb perhari.. yang skrg sudah tidak adalagi.. 😦
    skrg malah axis keluarin paket axis data yang dah include modem 1.4jt wew
    tapi gw nga dah nga pake lagi axis, sinyal kadang up-down

    btw gw juga ada sih kartu mentari.. tapi gw nga dapet info nya tuh..
    info itu liat dimana mas opik?
    kasih linknya dong

    thx b4

    edit: saya dah ketemu linknya ternyata ada di situsnya indosat πŸ˜›
    http://www.indosat.com/Mentari/Mentari_Update/Voucher_Internet_Indosat

    pk voucher Internet ya, untuk IM3 dan Mentari. murah juga sih 5000 bisa buat 250 menit.
    tapi sayang itu adalah tarif gprs yang time based, saya tidak begitu suka karena saya sering baca2x blog, situs berita dan forum, daripada download.

    dan juga speednya dilimit hanya 256kbps. khan percuma saya dah beli Modem USB yang HSDPA

Leave a Reply

